Troubleshooting Lapisan Transportasi Jaringan WAN


Troubleshooting Lapisan Transportasi Jaringan WAN
            
Netware adalah sistem operasi jaringan yang dikembangkan oleh Novell, dan protokol jaringan yang digunakan untuk berkomunikasi dengan client dalam network. Perusahaan Novell memilih untuk mendasarkan paket jaringan mereka pada paket XNS. NetWare sequencing paket Exchange (SPX) dan SPX II protokols

Netware Sequencing Packet Exchange (SPX) dan SPX II Protocols
            IPX / SPX (Internetwork Packet Exchange / Sequenced Packet Exchange) adalah protokol jaringan yang digunakan terutama pada jaringan menggunakan Novell NetWare Sistem Operasi IPX dan SPX diturunkan dari Xerox Network Service ‘IDP dan SPP protokol, masing – masing.
            IPX adalah lapisan jaringan protokol (Lapisan 3 dari OSI model), SPX adalah lapisan transport protokol (Lapisan 4 dari OSI model).
            SPX lapisan yang duduk diatas layer IPX dan menyediakan layanan yang berorientasi  koneksi antara dua node di dalam jaringan.
            IPX/SPX dirancang untuk jaringan LAN, dan protokol yang sangat efesien untuk tujuan ini (biasanya melebihi performa dari TCP/IP pada sebuah LAN). NetWare komunikasi membutuhkan NCP pelaksanaannya dapat menggunakan IPX/SPX, TCP/IP, atau keduanya sebagai transportasi.
            IPX dan SPX diturunkan dari Xerox Network Systems 'IDP dan SPP protokol, masing-masing. IPX adalah protokol lapisan jaringan (lapisan 3 dari OSI Model), sedangkan SPX adalah protokol lapisan transport (lapisan 4 dari OSI Model). SPX lapisan yang duduk di atas layer IPX dan menyediakan layanan yang berorientasi koneksi antara dua node di dalam jaringan. SPX digunakan terutama oleh klien / server aplikasi.
            Anggota lainnya dari Novell NetWare adalah protokol SPX (sequencing Paket Exchange), yang berada di lapisan transport. Jika dibandingkan dengan TCP / IP protocol suite, IPX routing dan menyediakan layanan internetwork serupa dengan IP, dan SPX menyediakan layanan lapisan transport serupa dengan TCP. IPX dan IP adalah connectionless datagram protokol, sementara SPX dan TCP merupakan protokol berorientasi koneksi.
AlamatIPX termasuk alamat jaringan dan alamat node. Alamat jaringan ditugaskan ketika mengatur server utama pada NetWare LAN. Alamat node adalah alamat tertanam pada kartu antarmuka jaringan. IPX lengkap alamat 12-byte angka heksadesimal yang mungkin terlihat mirip dengan yang berikut, di mana bagian pertama adalah alamat jaringan dan bagian kedua adalah alamat node tertanam

Studi Kasus SPX II
      SPX adalah lapisan protokol transport (Lapisan 4 dari model OSI Model).
      Lapisan SPX terletak di atas lapisan IPX 
      SPX menyediakan koneksi berorientasi layanan antara 2 node pada jaringan
      SPX digunakan terutama oleh klien / server aplikasi
      IPX/SPX mempunyai fungsi utama sebagai media transmisi data dan menjamin validitas data yang ditransmisikan oleh IPX sehingga data yang dikirim tidak mengalami gangguan ataupun terjadi kerusakan pada data.
Masalah yang paling umum dengan ACLs disebabkan oleh konfigurasi pantas. Masalah dengan ACLs dapat menyebabkan kerja sistem gagal.

1.     Pilihan arus lalu lintas – misconfiguration router yang paling umum adalah menerapkan ACL untuk lalu lintas yang salah. Lalu lintas didefinisikan oleh kedua antarmuka router melalui yang lalu lintas adalah bepergian dan arah di mana lalu lintas ini bepergian. Sebuah ACL harus diterapkan ke antarmuka yang benar, dan ke arah lalu lintas benar harus dipilih untuk berfungsi dengan baik.
2.     Perintah akses kontrol entri – entri di ACL, harus dari spesifik untuk umum. Meskipun ACL mungkin memiliki entri khusus mengizinkan arus lalu lintas tertentu, paket pernah cocok enteri jika mereka ditolak oleh lain entri sebelumnya dalam daftar. Jika router menjalankan ACLs dan NAT, urutan di mana setiap teknologi ini diterapkan untuk arus lalu lintas yang penting.

Studi kasus SPX II
SPX adalah lapisan protokol transport (lapisan 4 dari OSI Model). Lapisan SPX terletak di atas lapisan IPX dan menyediakan koneksi berorientasi layanan antara dua node pada jaringan. SPX digunakan terutama oleh klien / server aplikasi. IPX/SPX mempunyai fungsi utama sebagai media transmisi data dan menjamin validitas data yang ditransmisikan oleh IPX sehingga data yang dikirim tidak mengalami gangguan ataupun terjadi kerusakan pada data. (Wikipedia, 2013)

Studi kasus SPX timer
SPX timer digunakan terutama oleh klien/server aplikasi untuk membatasi waktu yang telah ditetapkan atau disediakan oleh server. IPX dan SPX keduanya menyediakan layanan koneksi yang serupa dengan TCP/IP protokol IPX memiliki kemiripan dengan IP dan protocol SPX memiliki kemiripan dengan TCP.


Komentar

Postingan Populer